apa itu blender….???????….

Image

apa sih belender itu..?????… mari kita baca……^^

Blender adalah perangkat lunak untuk desaign grafis  yang digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, aplikasi 3D interaktif atau video game. Fitur Blender termasuk pemodelan 3D, unwrapping UV, texturing, rigging dan menguliti, cairan dan simulasi asap, simulasi partikel, simulasi tubuh lembut, menjiwai, cocok bergerak, pelacakan kamera, rendering, video editing dan compositing. Ia juga memiliki mesin permainan built-in.

Apa sih sejarah ter cipta a blender ini…..????

Blender dikembangkan sebagai aplikasi in-house oleh studio animasi Belanda Neo Geo . Hal ini terutama ditulis oleh Ton Roosendaal, yang sebelumnya menulis sebuah pelacak sinar disebut Jejak untuk Amiga pada tahun 1989. Nama “Blender” terinspirasi oleh sebuah lagu oleh Yello, dari bayi album.
Roosendaal NaN didirikan pada bulan Juni 1998 untuk lebih mengembangkan dan mendistribusikan program. Program ini awalnya didistribusikan sebagai shareware sampai NaN bangkrut pada tahun 2002.
Para kreditur setuju untuk melepaskan Blender dibawah ketentuan dari GNU General Public License, untuk pembayaran satu kali sebesar € 100.000 (US $ 100.670 pada saat itu). Pada tanggal 18 Juli 2002, kampanye pendanaan Blender dimulai oleh Roosendaal dalam rangka untuk mengumpulkan sumbangan dan pada tanggal 7 September 2002 diumumkan bahwa dana yang cukup telah dikumpulkan dan bahwa kode sumber Blender akan dibebaskan. Hari ini, Blender adalah gratis, software open-source dan, terlepas dari dua setengah-waktu karyawan dan dua karyawan penuh-waktu dari Institut Blender, yang dikembangkan oleh masyarakat

apa saja fitur yang ada di dalam nya…………????

Blender memiliki ukuran instalasi yang relatif kecil, sekitar 70 megabyte untuk membangun dan 115 megabyte untuk rilis resmi. Versi resmi dari perangkat lunak yang dirilis untuk Linux, Mac OS X, Microsoft Windows, dan FreeBSD [6] di kedua 32 dan 64 bit. . Meskipun sering didistribusikan tanpa adegan contoh yang luas ditemukan di beberapa program lain, [7] perangkat lunak berisi fitur yang merupakan ciri khas dari software high-end 3D [8] Di antara kemampuan perusahaan adalah:
Dukungan untuk berbagai primitif geometris, termasuk polygon, pemodelan subdivisi permukaan cepat, kurva Bezier, NURBS permukaan, metaballs, multi-res mematung digital (termasuk kue peta, remeshing, resymetrize, penipisan ..), font outline, dan baru n-gon pemodelan sistem yang disebut B-mesh.
Render internal mesin dengan scanline ray tracing, pencahayaan tidak langsung, dan oklusi ambien yang dapat mengekspor dalam berbagai format.
Sebuah mesin render pathtracer disebut Siklus (dapat menggunakan GPU Computing).
Integrasi dengan sejumlah mesin render eksternal melalui plugin.
Keyframed animasi alat termasuk invers kinematika, angker (kerangka), hook, kurva dan kisi-berbasis deformasi, kunci bentuk (morphing), non-linear animasi, kendala, dan pembobotan vertex.
Simulasi alat untuk dinamika tubuh lembut termasuk tabrakan mesh, dinamika fluida LBM, simulasi asap, Bullet dinamika benda tegar, generator laut dengan gelombang.
Sebuah sistem partikel yang meliputi dukungan untuk partikel berbasis rambut.
Pengubah untuk menerapkan efek non-destruktif.
Python scripting untuk pembuatan alat dan prototyping, logika permainan, mengimpor dan / atau mengekspor dari format lain, otomatisasi tugas dan alat kustom.
Dasar non-linear video / editing audio.
Permainan Blender, sub-proyek, menawarkan fitur interaktivitas seperti deteksi tabrakan, mesin dinamika, dan programmable logic. Hal ini juga memungkinkan penciptaan berdiri sendiri, real-time aplikasi mulai dari visualisasi arsitektur untuk pembangunan video game.
Sebuah compositor simpul berbasis sepenuhnya terintegrasi dalam rendering pipeline dipercepat dengan OpenCL.
Prosedural dan simpul berbasis tekstur, serta lukisan tekstur, lukisan proyektif, lukisan titik, lukisan berat dan lukisan dinamis.
Realtime kontrol selama simulasi fisika dan rendering.
Kamera dan objek pelacakan.

User interface

Blender telah memiliki reputasi sebagai sulit untuk belajar bagi pengguna terbiasa dengan software grafis 3D lainnya. Hampir setiap fungsi memiliki cara pintas keyboard langsung dan bisa ada cara pintas yang berbeda per tombol. Sejak Blender menjadi perangkat lunak bebas, telah ada upaya untuk menambah menu kontekstual yang komprehensif serta membuat penggunaan alat yang lebih logis dan efisien. Ada juga telah meningkatkan upaya untuk visual user interface, dengan pengenalan tema warna, widget mengambang transparan, gambaran objek pohon baru dan lebih baik, dan perbaikan kecil lainnya (seperti widget color picker). Antarmuka pengguna Blender menggabungkan konsep-konsep berikut:
Mengedit mode
Dua mode utama kerja adalah Obyek Mode dan Edit Mode, yang toggled dengan tombol Tab. Modus objek digunakan untuk memanipulasi objek individu sebagai satu unit, sementara Sunting modus digunakan untuk memanipulasi data objek yang sebenarnya. Misalnya, Mode Obyek dapat digunakan untuk bergerak, skala, dan memutar polygon keseluruhan, dan Sunting Modus dapat digunakan untuk memanipulasi simpul individu mesh tunggal. Ada juga modus lain beberapa, seperti Paint Vertex, Cat Berat, dan Mode Sculpt. Rilis 2,45 juga memiliki Mode Pemetaan UV, tapi digabung dengan Edit Mode di 2,46 Release Candidate 1. [9]
Hotkey pemanfaatan
Sebagian besar perintah dapat diakses melalui hotkeys. Sampai 2.x dan terutama versi 2.3x, ini sebenarnya satu-satunya cara untuk memberikan perintah, dan ini adalah sebagian besar bertanggung jawab untuk menciptakan reputasi Blender sebagai sebuah program yang sulit-untuk-belajar. Versi baru memiliki menu GUI yang lebih komprehensif.
Numeric masukan
Tombol angka dapat “diseret” untuk mengubah nilai mereka secara langsung tanpa perlu untuk tujuan di sebuah widget tertentu, sehingga menghemat layar real estat dan waktu. Kedua slider dan tombol angka dapat dibatasi untuk ukuran berbagai langkah dengan pengubah seperti Ctrl dan tombol Shift. Ekspresi python juga dapat mengetik langsung ke kolom entri nomor, memungkinkan ekspresi matematika yang akan digunakan untuk menentukan nilai.
Workspace manajemen
GUI Blender terdiri dari satu atau lebih layar, masing-masing dapat dibagi menjadi beberapa bagian dan subbagian yang dapat dari setiap jenis pandangan Blender atau jendela-jenis. Sendiri setiap jendela-jenis GUI elemen dapat dikontrol dengan alat yang sama yang memanipulasi tampilan 3D. Sebagai contoh, seseorang dapat memperbesar dan keluar dari GUI-tombol dengan cara yang sama yang memperbesar dan keluar di viewport 3D. Viewport GUI dan tata letak layar sepenuhnya pengguna-disesuaikan. Hal ini dimungkinkan untuk mengatur antarmuka untuk tugas-tugas tertentu seperti editing video atau pemetaan UV atau texturing dengan menyembunyikan fitur yang tidak digunakan untuk tugas [10].

format filenya……?????

Blender fitur sistem file internal yang memungkinkan seseorang untuk berkemas beberapa adegan ke dalam satu file (disebut “campuran.” File).
Semua itu Blender “campuran.” File maju, mundur, dan lintas-platform yang kompatibel dengan versi lain dari Blender, dengan pengecualian animasi memuat disimpan dalam pasca-2.5 file dalam Blender pra-2.5 (ini karena subsistem animasi ulang diperkenalkan di Blender 2,5 menjadi inheren tidak kompatibel dengan versi lama)
Snapshot “. Campuran” file dapat otomatis disimpan secara periodik oleh program, sehingga lebih mudah untuk bertahan crash program.
Semua adegan, benda, bahan, tekstur, suara, gambar, pasca-produksi efek untuk seluruh animasi dapat disimpan dalam satu file “. Campuran”. Data diambil dari sumber-sumber eksternal, seperti gambar dan suara, juga dapat disimpan secara eksternal dan direferensikan baik melalui nama path absolut atau relatif. Demikian juga, “campuran.” File sendiri juga dapat digunakan sebagai perpustakaan aset Blender.
Antarmuka konfigurasi yang disimpan dalam file “campuran.”, Sehingga apa yang Anda simpan adalah apa yang Anda dapatkan pada beban. File ini dapat disimpan sebagai “default pengguna” jadi ini konfigurasi layar, serta semua benda yang tersimpan di dalamnya, digunakan setiap kali Anda memuat Blender.
Sebenarnya “. Campuran” file mirip dengan Format File Interchange EA, dimulai dengan header sendiri (misalnya BLENDER_v248) yang menentukan ukuran versi, endianness dan pointer, diikuti oleh DNA file (spesifikasi lengkap dari format data yang digunakan ) dan, akhirnya, koleksi blok biner menyimpan data yang sebenarnya. Kehadiran blok DNA dalam file campuran. Berarti format adalah self-deskriptif dan perangkat lunak mampu memecahkan kode DNA dapat membaca file. Campuran, bahkan jika beberapa bidang atau jenis blok data mungkin perlu diabaikan.
Meskipun relatif sulit untuk membaca dan mengkonversi “campuran.” File ke format lain menggunakan alat eksternal, ada beberapa paket perangkat lunak mampu melakukan hal ini, misalnya readblend. Berbagai impor / ekspor script yang memperpanjang kemampuan Blender (mengakses data objek melalui API internal) memungkinkan untuk antar-beroperasi dengan alat 3D lainnya. CAD software menggunakan model deskripsi permukaan yang sangat berbeda dari yang digunakan dalam Blender Blender karena tidak dirancang untuk CAD. Oleh karena itu, impor langsung atau ekspor file CAD tidak mungkin.
Jeroen Bakker didokumentasikan format file Blender untuk memungkinkan antar-operasi dengan perkakas lainnya. Dokumen dapat ditemukan pada misteri dari website campuran [14] Struktur DNA Browser [15]. Juga tersedia di situs ini.
Blender mengatur data sebagai berbagai jenis “blok data”, seperti Objects, jerat, Lampu, Scenes, Material, Gambar dan sebagainya. Sebuah objek dalam Blender terdiri dari blok beberapa data – misalnya, apa pengguna akan menggambarkan sebagai mesh polygon terdiri dari setidaknya Obyek dan Mesh blok data, dan biasanya juga Material dan lebih banyak, terkait bersama-sama. Hal ini memungkinkan blok berbagai data untuk merujuk satu sama lain. Mungkin ada, misalnya, Objects ganda yang mengacu pada Mesh yang sama, memungkinkan Blender untuk menjaga satu salinan dari data mesh memori, dan membuat editing selanjutnya dari hasil jala bersama perubahan bentuk di semua Objects menggunakan Mesh ini. Pendekatan berbagi data merupakan dasar filosofi Blender dan antarmuka pengguna dan dapat diterapkan untuk jenis data. Objects, jerat, bahan, tekstur dll juga dapat dihubungkan dengan campuran dari file lainnya., Yang memungkinkan penggunaan file campuran. Sebagai perpustakaan sumber daya dapat digunakan kembali.

lembar kerja blender….

Image

dan seperti apasih hasil dari blender tersebut……

kita dapat membuat animasi 3d yang luar biasa seperti gambar di bwah ini….

Image

mungkin kalau hanya materi saja tidak cukup untuk mudah di pahama dan untuk tutorial video bisa kita lihat di bawah ini……

Leave a comment